Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penggalangan Dana

Namun, yang perlu diketahui oleh para penggalang dana ialah bahwa mereka harus berhati-hati dalam mencari dana. Sebab jika tidak, itu akan menghancurkan jiwa mereka suatu saat, kelak, entah kapan. Baik disadari ataupun tidak.
Hasan Askari: Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penggalangan Dana

Hampir di setiap tahun, selalu saja ada musibah yang menimpa manusia. Mulai dari longsor, banjir, hingga gempa. Kejadian ini menurut kebanyakan orang termasuk kejadian alam. Sebagiannya, mengatakan bahwa itu adalah peringatan Tuhan. 

Namun, yang menarik menurut mimin ialah di saat atau setelah kejadian itu terjadi, ada berbagai respon yang diberikan masyarakat. Ada yang berkomentar baik, berkomentar buruk, terjun ke lokasi, menggalang dana, dsb. 

Untuk mereka yang hanya komentar, biarlah itu urusan mereka. Toh, mereka punya mata untuk menilai baik buruknya suatu kejadian. Adapun untuk yang terjun ke lokasi dan menggalang dana, sungguh luar biasa tindakan mereka. Sebab tindakan tersebut memang mulia dari segi kemanusiaan.

Namun, yang perlu diketahui oleh para penggalang dana ialah bahwa mereka harus berhati-hati dalam mencari dana. Sebab jika tidak, itu akan menghancurkan jiwa mereka suatu saat, kelak, entah kapan. Baik disadari ataupun tidak.

Setidaknya, dalam mencari dana ada dua poin yang perlu diingat:
 1. Mencari dana untuk korban bencana
 2. Mencari dana untuk relawan bencana


 #1. Mencari dana untuk korban bencana


Ketika mereka mencari dana untuk para korban, berarti mereka tidak berhak mengambil dana yang diberikan walau sepeser pun, walau hanya untuk membeli satu-dua biji minuman. Sebab konsep penggalangan dana ini ialah mereka mengumpulkan dana dari para donatur agar para korban mendapatkan dana tersebut dan ... para penggalang hanyalah sebagai perantara saja. 

Dari sisi politik, apabila mereka memakai dana tersebut walaupun untuk kebutuhan mereka, sama saja mereka telah menjadi seorang koruptor, karena memakan uang yang bukan milik mereka. Imbasnya, perlahan-lahan jiwa mereka akan rusak.

Sebagai solusi, mereka dapat mencari donasi untuk mereka sendiri. Tapi, apabila mereka sudah bisa membiayai keperluannya, seperti ongkos jalan dan penghilang dahaga, untuk apa mereka meminta dana?

Saya selalu berpikir positif bahwa mereka tak setamak yang saya kira

 #2. Mencari dana untuk relawan bencana


Lain halnya apabila mereka mencari dana untuk diri mereka sendiri yakni sebagai relawan, maka sah-sah saja jika mereka memakai dana yang diberikan. Sebab dana itu ditujukan untuk mereka.

Biasanya saat mereka menggunakan model penggalangan ini, mereka cukup tau diri untuk menggunakannya. Bahkan tak jarang, sebagian dana itu diberikan untuk korban bencana atau diberikan kepada yang membutuhkan. 

***

Nah, itu dia hal yang perlu diperhatikan dalam penggalangan dana. Semoga tulisan ini dapat berguna.

Adanya bencana
Karena manusia banyak rencana
Adanya dana
Akan sangat berguna
Bagi mereka yang cukup sempurna,
Yang jiwanya sudah terbina;
Tidak mudah untuk terlena
Oleh dunia yang banyak warna

Hasan Askari, Lampung 14 Januari 2020



Posting Komentar

Silakan komentar sesuai topik
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.